Asal Usul Ayam Dorking
Home Artikel Asal Usul Ayam Dorking Si Jari 5 Dan Perkembangannya
Artikel - September 9, 2020

Asal Usul Ayam Dorking Si Jari 5 Dan Perkembangannya

Asal Usul Ayam Dorking Si Jari 5 Dan Perkembangannya – Jenis ayam satu ini merupakan ayam pertama yang di kembangkan sebagai ayam ternak yang dikarenakan memiliki kualitas tinggi pada daging bahkan telurnya juga. Ayam dorking ini sendiri di kembangkan di kota dorking yang dulunya di kenal dengan sebutan Darking.

Asal Usul Ayam Dorking Si Jari 5 Dan Perkembangannya

Asal usul ayam Dorking masih terdapat sedikit misteri. Namun menurut Tulisan Columella dari Roma yang menceritakan bahwa di Roma dulunya memiliki ayam dengan lima jari dengan ciri yang sama dengan ayam Dorking.

Ia juga menuliskan bahwa Roma dulunya pernah membawa ayam berjari 5 ini ketika mereka pergi menjajah ke beberapa negara pada tahun 43 M. Pada itu merupakan masa pemerintahan raja Claudius seperti yang tercatat dalam Rei rusticae libri. Lalu menurut catatan Caesar pada saat penjajahannya tahun 54 SM Di Britania Raya, populasi dari ayam ini telah meningkat pesat. Red Dorking diyakini telah diperkenalkan di Britania Raya oleh orang Roma jauh dan terus berkembang pesat.

Jenis Ayam ini di perkenalkan oleh Britania pada acara Unggas di tahun 1845 bersamaan dengan ayam sussex yang di yakini merupakan keturunan dari ayam ini. Ayam ini juga diberi nama Dorking karena pusat utama peternakannya berada di pasar kota Dorking – Surry. Lalu pada tahun 1874 Ayam ini resmi menjadi ayam lokal mereka oleh American Poultry Association’s Standard of Perfection.

Ciri Ayam Dorking Yang Harus di Ketahui

Ciri-ciri Ayam Dorking adalah sebagai berikut :
1. Memiliki tubuh yang terlihat kotak-kotak dan pendek.
2. Berjari 5 pada setiap kakinya.
3. Berjenger Single Comb yang memungkinkannya hidup di daerah yang dingin.
4. Memiliki cuping berwarna merah.
5. Berwarna dasar putih.
6. Berat sekitar 4.55-6.35 Kg untuk pejantan dan betina sekitar 3.60-4 .55 Kg.
7. Hanya memiliki 5 variasi warna.
8. Tahan terhadap cuaca dinggin.
9. Telur yang dihasilkan sekitar 35-50 butir per periode.
10. Masa pertumbuhan yang cukup cepat.

Ayam satu ini memiliki berberapa variasi warna yang bisa anda kenali yaitu putih (White Dorking), abu-abu (Silver Grey Dorking), merah (Red Dorking), hitam (Black Dorking) dan yang terakhir berwarna arsiran hitam (Cuckoo Dorking). Dan yang paling mendominan dari semua warna yaitu warna putih, karena ras asli dari keturunan ayam berjari 5 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia – Untuk semua jenis ayam bangkok aduan yan…