Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini
Home Artikel Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini
Artikel - 3 minggu ago

Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini

Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini – Pemberian perawatan kepada ayam bangkok aduan memang sudah menjadi tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya akan meningkatkan kualitas tarung sekaligus menjaga ayam aduan dari serangan penyakit.

Ayam aduan yang sakit tentu akan menjadi masalah serius dikarenakan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuatnya tidak dapat bertarung kembali. Salah satunya seperti penyakit snot yang sering kali muncul di musim pancaroba seperti ini. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan sang ayam satu ini apabila tidak segera diatasi akan berdampak buruk salah satunya seperti kematian.

Tips Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini

Sebelum memasuki ke tahap pengobatan, ada baiknya bobotoh mengenali terlebih dahulu sejumlah ciri yang menandakan ayam tengah sakit. Yakni diantaranya seperti berikut:

-Keluarnya cairan kental berwarna kuning hingga berbau khas dari mata dan hidung ayam
-Ayam aduan terlihat mengantuk serta kondisi sayap yang turun dan menggantung.
-Nafsu makan yang menurun dan terlihat lesu dan tidak bersemangat.
-Proses pertumbuhan terhambat.
-Mengeluarkan suara ngorok hingga terlihat kesulitan bernapas.

Setelah melihat gejala yang dialami, tentu bobotoh harus segera melakukan tindakan pengobatan agar tidak semakin parah. Adapun kali ini terdapat dua cara yang dapat dipilih yakni dengan menggunakan bahan herbal atau obat kimia khusus.

Atasi Snot Pada Ayam Aduan Dengan Cara Ini

Cara Ampuh Pengobatan Snot Pada Ayam Aduan

1. Obat Tradisional

Pengobatan pertama dilakukan dengan memanfaatkan langsung bahan-bahan herbal yang dianjurkan. Diantaranya yakni kencur, jahe, dan gula merah yang nantinya terbagi dalam dua cara pemberiannya.

Cara pertama adalah dengan memasukan 150 gr tepung beras, 100 gr kencur yang sudah ditumbuk halus, dan 1 jempol jahe yang sudah diparut dalam satu wadah. Campur semua bahan dan bentuk menjadi bulatan ukuran biji jagung. Jemur pil herbal ini dan jika sudah kering masukan ke dalam wadah tertutup. Dalam pemberiannya sendiri dilakukan dua kali sehari setiap pagi dan sore hingga ayam sembuh.

Cara Kedua adalah dengan merebus 5 jari jahe dalam seliter air dan tambahkan 5 sendok makan gula merah dan masak hingga mendidih. Campurkan ramuan satu ini ke dalam minuman ayam selama perawatannya.

2. Obat Kimia

Selanjutnya adalah penggunaan obat dalam bentuk kemasan yang tentu aman sudah dicoba bobotoh. Adapun obat yang dianjurkan yang bermerk sulfadimethoxine atau sulfathiazole dan juga antibiotik seperti imequil, ultramycin, atau corivit guna mencegah terjadinya penyakit snot. Namun apabila kondisi ayam sudah terlanjur parah dapat diberikan suntikan Sulfamix dosis rendah (0,4 cc/kg berat ayam) yang sudah terkenal ampuh. Meski demikian, nantinya pemberian ini sendiri akan membuat ayam menjadi lemas dalam beberapa hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas – Banyak masyarakat Indo…