Ciri ciri ayam jago wiring kuning
Home Artikel Ciri ciri ayam jago wiring kuning di indonesia
Artikel - Juli 29, 2020

Ciri ciri ayam jago wiring kuning di indonesia

Ciri ciri ayam jago wiring kuning di indonesia –  Memang saat ini sangat diminati karena ayam bangkok memiliki keungulan-keunggulan terutama dalam hal bertarung.

Karena keunggulannya tersebut, harga ayam bangkok / ayam aduan pun bisa mencapai jutaan.

Bagi pecinta ayam bangkok / ayam aduan, membeli ayam bangkok asli dengan harga jutaan bukanlah hal yang disayangkan karena kualitas ayam bangkok asli memang sangat mumpuni.

Selain itu, ayam bangkok juga terdiri dari beberapa macam jenis yang bisa dipilih.

Jenis ayam bangkok / ayam aduan yang berbeda-beda juga menyebabkan perbedaan fisik dan karakter dari masing-masing ayam bangkok.

Ciri ciri ayam jago wiring kuning

Selain kemampuannya dalam bertarung, salah satu hal yang paling menarik dari ayam bangkok/ayam aduan wiring kuning adalah warna bulunya yang kekuningan seperti namanya.

Warna tersebut merupakan salah satu ciri yang paling mudah dikenali dari ayam wiring kuning. Adapun ada beberapa ciri lain yang terdapat pada ayam wiring kuning, yaitu paruhnya yang juga berwarna kuning.

Jadi, bukan hanya bulunya yang kekuningan, namun paruhnya pun demikian. Yang lebih menarik lagi, kaki dan matanya pun berwarna kuning menyamai warna bulu dan paruhnya. Jadi, hampir semua bagian yang terdapat pada ayam bangkok wiring kuning berwarna kuning.

Itulah mengapa ayam bangkok / ayam aduan jenis ini dinamai dengan wiring kuning.

Hampir semua bulu ayam wiring kuning berwarna kekuningan.

Warna kuning yang dominan terdapat pada bulu rawis ayam dan bahkan pada bagian pangkal dimana terdapat bulu-bulu kecil pun warnanya juga kekuningan.

Selain bulunya, warna kulit ayam bangkok ini pun berwarna kuning. Jadi, semua bagian pada tubuh ayam tersebut dominan berwarna kuning.

Terdapat dua versi ayam bangkok / ayam aduan wiring kuning yang ada saat ini, yaitu versi Thailand dan versi Jawa.

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

Ciri ciri ayam jago

Ayam wiring kuning pun terbagi menjadi kelas-kelas yang berbeda tergantung pada banyaknya warna kuning pada tubuh ayam. Jadi, semakin dominan warna kuningnya, maka semakin tinggi kelasnya.

Rangking pertama biasanya ditempati oleh ayam yang lengkap warna kuningnya pada semua bagian yang memang seharusnya berwarna kuning.

Jika ada yang tidak lengkap, maka kelas ayam pun lebih rendah. Akan tetapi, ada juga ayam jenis lain, yaitu ayam Blorok Madu yang hampi sama warnanya dengan wiring kuning. Sebagian orang menggolongkan kedua jenis ayam ini pada golongan yang sama.

Ayam bangkok / ayam aduan wiring kuning tidak semuanya memiliki warna bulu kuning.

Ada beberapa warna lain juga pada bulunya meskipun kuning adalah warna yang paling dominan. Jadi, warna dasar pada bulunya biasanya hitam.

Bulu pada rawis leher adalah area dimana bulu berwarna kuning keemasan, begitu juga dengan warna bulu rawis pada pinggang. Selain itu, warna kaki, kuku, jalu dan paruh pun kuning.

Untuk matanya, kebanyakan berwarna kuning juga, namun banyak juga yang tidak berwarna kuning. Biasanya yang matanya kunging memiliki nilai yang lebih tertutama pada harga jualnya. Dengan kelengkapan warna kuning pada ayam di bagian tersebut, maka ayam tersebut bisa disebut dengan wiring kuning tembus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…