Ciri Ciri Ayam Jago yang Bagus
Home Artikel Ciri – Ciri Ayam Jago yang Bagus di Indonesia
Artikel - Juli 27, 2020

Ciri – Ciri Ayam Jago yang Bagus di Indonesia

Ciri – Ciri Ayam Jago yang Bagus di Indonesia – Kamu mau memelihara ayam jago? Sebelum membelinya, kamu perlu pastikan lebih dulu kalau ayam jago itu sehat. Biar nantinya kamu pun saat merawatnya jadi lebih mudah dan tidak gampang sakit-sakitan. Nah, kira-kira seperti apa ciri ayam jago yang sehat?

Lincah

Ayam jago yang kondisinya sedang sehat bakal banyak gerak. Ayam ini susah untuk berdiam diri. Maunya bergerak terus kesana-kemari.

Pada umumnya ayam jago yang sehat itu akan lebih sering aktif dan sebaiknya ayam jago di keluarkan dari kandangnya. Karena jika kondisinya sehat namun tetap dikurung dalam kandang, maka ayam jago bisa menjadi stres.

JIka kondisi ayam lagi sehat maka sering-sering aja dikeluarkan dari kandang, agar ayam bisa terus bergerak bebas. Gerakan lincah biasanya akan terlihat saat dikeluarkan dari kandang dan juga saat diadu akan lebih terlihat kelincahan dan ketangkasannya.

Ciri – Ciri Ayam Jago yang Bagus di Indonesia

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

Sering Berkokok

Ayam yang dalam kondisi baik bakal suka berkokok. Suaranya pun keras dan melengking. Kamu bisa perhatikan hal ini sebelum membeli ayam jago.

Ingat, perhatikan suara kokok ayam saat ingin membelinya. Biasanya suara ayam jago akan terdengar lantang dan lebih sering juga berkokok, itulah yang menandakan juga bahwa ayam jago dalam kondisi sehat.

Biasanya ayam jago yang sehat akan sering berkokok saat dini atau pagi hari, lalu siang hari, dan saat sore menjelang malam. Bisa jadi juga selain waktu-waktu tertentu itu ayam jago akan berkokok.

Terkadang ayam jago juga akan berkokok pada tengah malam hari atau sekitar jam satu dini hari. Itu sangat menandakan bahwa ayam jago memang dalam keadaan sehat secara totalitas.

Kotorannya Kecil-kecil

Dilihat dari kotoran yang dikeluarkan, ayam jago yang kondisinya prima kotorannya kecil-kecil. Istilahnya ‘nyabe’. Ini salah satu ciri kalau memang kondisi ayam jago ini sedang baik.

Ayam jago yang sehat akan lebih dominan mengeluarkan kotorannya kecil-kecil. Karena menandakan bahwa asupan yang ayam makan tergiling semua dalam perutnya yang bereaksi normal.

Jika ayam jago mengeluarkan kotorannya dengan ukuran agak besar, itu berarti menandakan reaksi perut tidak berfungsi normal, atau bisa jadi ayam jago sedang dalam kondisi sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…