Ciri ciri ayam leher gundul indonesia
Home Artikel Ciri ciri ayam leher gundul indonesia
Artikel - Agustus 2, 2020

Ciri ciri ayam leher gundul indonesia

Ciri ciri ayam leher gundul indonesia – Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk keanekaragaman ayam lokal. Sampai saat ini, masih banyak ayam lokal yang belum dimanfaatkan secara optimal. Unggas merupakan salah satu ternak yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia terutama ayam lokal atau ayam kampung. Hal tersebut karena ayam lokal diketahui mempunyai keanekaragaman sifat genetik yang tinggi seperti warna bulu, kulit, bentuk jengger, sifat produksi dan reproduksinya. Keanekaragaman genetik juga dapat disebabkan oleh sistem pemeliharaan dan perkawinan yang tidak terkontrol dari generasi ke generasi. Faktor lingkungan yang menekan juga merupakan faktor yang menyebabkan perubahan sebagai upaya tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Ayam Legund merupakan salah satu ayam lokal Indonesia yang mempunyai ciri leher tidak ditumbuhi bulu .

Yang merupakan salah satu ayam lokal yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Ayam Legund pada umumnya dihubungkan dengan Turkens, Transilvania Naked Neck, Bare Necks, Hackleness, dan Rubber Necks, yang seluruhnya memilki karakteristik sifat leher gundul. Gen Na merupakan gen dominan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu (lambat) pada bagian leher (Somes, 1993).

Ayam leher gundul merupakan salah satu ayam lokal yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai ayam penghasil daging. menunjukkan bahwa ayam legund mampu menampilkan pertambahan bobot badan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ayam buras lain (Mu’in, 1992). Kelestarian ayam buras harus dijaga baik jumlah maupun keasliannya. Cara pemeliharaan juga perlu untuk diperhatikan agar ayam lokal tidak punah dan jumlahnya menjadi berkurang. Pemanfaatan ayam legund sebagai plasma nutfah penghasil daging hingga saat ini belum nampak. Ayam ini dianggap sebagai ayam buras biasa walaupun performans ayam legund nampak jauh lebih besar dibandingkan dengan ayam buras lain.

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

Ciri ciri ayam leher gundul indonesia

Ayam tanpa bulu telah berhasil dikembangkan oleh para ilmuwan, salah satunya yaitu seorang ahli genetika Israel, Avigdor Cahaner, menghasilkan genetik ayam tak berbulu pertama di dunia yang dilakukan di fakultas genetika Rehovot Agronomy Institute dekat Tel Aviv, Israel.

Ayam dengan kulit telanjang diciptakan dengan perkawinan silang antara ayam Broiler dengan spesies ayam yang memiliki leher tak berbulu .

Ayam Legund pada umumnya dihubungkan dengan Turkens, Transilvania Naked Neck, Bare Necks, Hackleness, dan Rubber Necks. Gen Na merupakan gen dominan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu (lambat) pada bagian leher (Jull, 1949; Hutt, 1949).

Touchburn et al. (1980) mengemukakan bahwa pengurangan bulu penutup tubuh akibat adanya gen Na sebesar 40% pada ayam Legund komplit dominan dan 30% pada ayam Legund tidak komplit. Kondisi tersebut dapat meningkatkan fleksibilitas dalam pengaturan suhu tubuh pada suhu lingkungan panas. Pengurangan jumlah bulu penutup tubuh pada ternak ayam menurut Horts dan Mathur (1994) berhubungan langsung dengan peningkatan suhu permukaan tubuh.

Peningkatan suhu permukaan tubuh tersebut sangat membantu proses adaptasi terhadap cekaman panas melalui peningkatan pembuangan panas (sensible heat loss) melalui permukaan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…