ciri ciri ayam mangon di indonesia
Home Artikel ciri ciri ayam mangon di indonesia
Artikel - Agustus 13, 2020

ciri ciri ayam mangon di indonesia

ciri ciri ayam mangon di indonesia – Ayam Mangon merupakan hasil penyempurnaan keturunan berdasarkan dua jenis unggas laga. Sebelum ke pembahasan yang lebih detail kami mengingatkan supaya sobat tetap memahami penjelasan ini dengan detail.

Jika sobat memang sebagai pecinta ayam laga pastinya tidak mau ketinggalan informasi yang asli ya, tidak berdasarkan kata dia atau si A yang belum bisa dipastikan informasi kebenarannya.

Maka hal demikian kami selaku penulis akan menyajikan informasi dari sumber yang terpercaya dan bisa dikatakan 90% kebenarannya. Seperti sejarah, ciri-ciri, keunggulan dari ayam magon/mangon. Berikut ini penjelasan dari kami :

SEJARAH AYAM MANGON

Pama merupakan jenis ayam dari negara Myanmar atau orang indonesia lebih mengenal dengan sebutan birma atau mangon. Nama pama dikenal karena dari bahasa Thailand yakni pa & ma yang mengartikan myanmar.

Jadi sejarahnya sekitar 300-400 tahun yang lalu ada sebuah pertandingan antara raja thailand dengan raja myanmar. Namun mereka tidak berperang antara raja melainkan menggunakan ayam sebagai alat tempurnya. Sang raja gajah putih memakai jenis dari negaranya yakni LHK sementara dari pihak Myanmar mewakilkan Pama.

Pada akhirnya raja Thailand berhasil memenangkan pertandingan tersebut. Setelah kekalahan tersebut beberapa orang dari negara Myanmar memutakhirkan ayam tersebut. Ayam pama sama mangon itu berbeda jenis karena pama ialah asli dari myanmar sedangkan mangon hasil penyempurnaan dari jenis pama dan ngon yang berasal dari Vietnam.

Chiang Mai salah satu kota terbesar penyebaran ayam pama dan di tempat tersebut juga sebagai penyilangan antara pama dan jenis ngon. Tidak heran apabila sobat banyak menemukan jenis pama di kawasan kota terbesar kedua di Thailand ini .

Ciri-ciri Ayam Hias Jengger Mawar Dari Inggris

ciri ciri ayam mangon di indonesia

Ayam pama dan mangon secara spesifik memang tidak jauh berbeda, namun hal pembeda utamanya pada struktur tulang dan ukurannya saja. Nah berikut ini ada beberapa contoh ciri khusus ayam magon :

Kepala lebih cenderung berukuran kecil dan lancip layaknya pada burung.
Ukuran jengger umunya berdiri dan bahkan ada yang berukuran besar juga
Bentuk ekor cenderung naik atau berbentuk celurit sangat jarang lurus kebawah, meskipun ada populasinya sangat sedikit.
Ayam pama/mangon memiliki leher lebih pendek atau setengahnya dari panjang leher jenis bangkok
Sedangkan dari warna ulesnya itu unik rata rata berwarna jalak, merah kecoklatan dan ada pula seperti bulu ayam batik.
Memiliki paha sedikit bulan dan panjang dengan kakinya berbanding 50:50
Kebanyakan warna sisik dan kuku ayam ini berwarna hitam dan hijau terkadang ada yang kukunya hitam dan sisik putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…