Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia
Home Artikel Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia Terbaru
Artikel - Agustus 5, 2020

Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia Terbaru

Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia – Ayam sutra atau ayam kapas adalah ras ayam yang dinamakan sesuai bulunya yang halus dan terasa seperti sutra. Ras ini memiliki sifat-sifat yang tidak biasa seperti kulit dan tulang hitam, cuping telinga biru, dan kaki bercakar lima sedangkan ayam lain hanya ada empat cakar setiap kaki. Ayam sutra sering diperagakan di pertunjukan pesta dan tersedia dalam berbagai warna.

Selain dari tampilan luar yang berbeda, ayam sutra dikenali dengan pembawaan yang tenang dan ramah. Ia adalah ras ayam yang jinak sekali. Ayam betinanya sangat suka mengeram dan pandai menjaga anak. Biarpun bertelur sedikit yaitu sekitar tiga butir seminggu, ayam sutra digunakan untuk mengerami telur ras ayam atau unggas lain karena sifatnya yang perinduk (suka mengeram).

4 Bentuk Jalu Paling Berbahaya Sabung Ayam

Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia

Ayam sutra dianggap ras ayam katai atau katik di sebagian negara.  Sedangkan banyak piawaian ras sedunia menggolongkan ayam sutra sebagai ayam biasa dan sutra katik sebagai varietas terpisah.

Hampir semua jenis ayam sutra di Amerika Utara berukuran kecil . Sedangkan di Eropa ayam sutra berukuran normal yang merupakan ayam sutra asli. Namun demikian, ayam sutra standar pun agak kecil, yang mana ayam jantan beratnya hanya 1.8 kg, dan ayam betinanya 1.36 kg.

Tebalnya bulu inipada mulanya hanya ada pada ayam sutra, tetapi akhir-akhir ini perbuluan ayam sutra telah diterapkan kepada beberapa ras ayam lain, terutama Chabo yang telah dikenalkan di Inggris dan Belanda.

Bulunya diserupakan dengan sutra dan bulu binatang, sehingga tampilan luarnya menjadi lebih lembut dan tebal. Bulunya kekurangan barbisel yang berfungsi, oleh karena itu ayam ini tidak dapat terbang seperti ayam lain.

Ayam sutra juga terbagi menurut pola warna. Pola warna yang sesuai untuk peragaan adalah hitam, biru, kuning pucat, kelabu, partridge, dan putih. Pola warna lain termasuk cuckoo, gandaria, merah, dan tompokan. Peragaan kecantikan ayam menuntut agar semua ayam sutra memiliki balung kecil berwarna walnut, pial hitam, dan cuping telinga biru firus. Tambahan pula, kaki ayam sutra bercakar lima. Ras ayam yang bercakar lima termasuk Dorking, Faverolles, dan Sultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…