Hal Penting dan Tips Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani
Home Artikel Hal Penting Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani
Artikel - 4 minggu ago

Hal Penting Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani

Hal Penting Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani – Mungkin ada beberapa orang yang penasaran bagaimana cara ternak Ayam Cemani. Apakah sama seperti ayam kampung atau berbeda dalam hal pakan? Seperti yang kita tahu bahwa Ayam Cemani mempunyai penampakan yang cukup ekstrim yaitu serba hitam. Apakah hal tersebut akan mempengaruhi jenis makanan yang di konsumsi nya atau tidak? Mari kita belajar bersama-sama.

Ayam Cemani termasuk ayam lokal yang berasal dari Kabupaten Temanggung di Jawa Tengah. Ayam ini mempunyai warna yang hitam pada hampir seluruh bagian tubuhnya.

Hal Penting  Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani

Penentuan Kandang Ayam Cemani Sebagai Tempat Mereka Hidup dan Tinggal

Disaat kita memelihara ayam, hal yang utama terpikirkan adalah kandang, tempat dimana hewan peliharaan akan hidup dan tinggal. Untuk kandang ayam cemani, yaitu tergantung dari umur ayam. Jika masih DOC atau bibit, kandang bisa berupa kotak / kardus yang diberi lampu sebagai penghangat. Setelah beranjak besar, ayam cemani bisa dipindahkan ke dalam kandang yang juga lebih besar. Setelah umur 3 bulanan, jenis kandang yang digunakan bisa berupa kandang umbaran. Kandang umbaran dapat memuat banyak ayam. Nah, jika ayam cemani Anda sudah berusia dewasa dan siap untuk dikawinkan, maka ayam cemani bisa dipindahkan ke dalam kandang yang lebih kecil yang muat sekitar 6 ekor ayam cemani dewasa.

Pemberian Pakan Yang Tepat Untuk Menunjang Pertumbuhannya

Selain kandang, poin penting dalam pemeliharaan ayam cemani ialah mengenai pakan. Pakan ayam cemani umumya sama dengan ayam – ayam kampung lainnya. Hanya saja banyak masyarakat mempercayai bahwa dengan memberikan pakan ayam berupa ketan hitam dapat membuat seluruh bagian ayam berwarna hitam termasuk darahnya. Namun hal ini masih belum dapat dibuktikan secara jelas, karena yang mempengaruhi warna tubuh bukanlah pada makanan tetapi gen ayam cemani itu sendiri.

Fakta!! Inilah Faktor Penyebab Ayam Aduan Sulit Gemuk

Berikut adalah bentuk – bentuk pakan ayam dan jenis yang bisa diberikan untuk ayam cemani Anda :

Pakan Ayam Butiran

Pakan butiran merupakan makanan yang tersaji dalam bentuk butiran misalnya jagung, ketan hitam, gabah, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, dan lain sebagainya. Pemberian pakan ini dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

Pakan Ayam berupa Tepung

Pakan ayam berbentuk tepung merupakan pakan campuran dari bahan – bahan yang telah digiling. Tujuan diberikannya pakan tepung ini agar makanan mudah untuk dicerna oleh perut ayam. Bahan – bahan makanan yang biasa di campur adalah tepung jagung, tepung ikan, tepung kacang hijau, tepung kacang kedelau, dan tepung daging. Makanan berbiji maupun tepung agar susunanya lebih lengkap biasanya masih ditambah dengan sayur yang sudah dicacah atau dicampur dengan grit (pecahan – pecahan rumah siput) ini bertujuan agar membantu percernaan makanan.

Penanganan Saat Masa Bertelur, Mengeram, Hingga Menetas

Produktivitas ayam cemani memiliki keterkaitan dengan sistem pemeliharaan, apakah itu umbaran ataukah dikandangkan. Seekor betina yang diumbar bisa menghasilkan telur sekitar 56-77 butir per tahun. Sedangkan yang dipelihara dalam kandang baterai bisa mencapai 215 butir per tahun. Adanya perbedaan itu karena ayam yang dipelihara di kandang baterai hanya bertelur, tidak mengerami dan mengasuh anak-anaknya. Untuk itu guna memaksimalkan produktivitas, betina ayam cemani bisa bertelur saja. Sedangkan telur bisa dititipkan pada indukan ayam lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia Terbaru

Ciri ciri Ayam sutra di Indonesia – Ayam sutra atau ayam kapas adalah ras ayam yang …