Jenis Ayam Petelur Terbaik di Indonesia
Home Artikel Jenis Ayam Petelur Terbaik di Indonesia
Artikel - Agustus 7, 2020

Jenis Ayam Petelur Terbaik di Indonesia

Jenis Ayam Petelur Terbaik di Indonesia – Pasti menyenangkan kalau anda bisa memiliki persediaan telur segar. Tak heran banyak yang mulai memelihara ayam dan berharap “panen telur” dengan cepat. Namun ternyata, jenis/ peranakan ayam petelur atau ayam layer pun bisa memengaruhi jumlah telur yang dihasilkan . Faktor lain juga ikut berpengaruh .

Berikut ini Daftar Ayam Petelur Super Unggulan Paling Produktif, yang Jadi Favorit di Indonesia dan Dunia.

Ayam Hibrida

Banyak sekali jenis ayam hybrid. Salah-satunya yaitu Golden Comet yang telah dikenal dengan nama ayam negeri. Jenis ayam hibrida ini paling bagus dalam hal Total Digestible Nutrient (TDN). Mengkonsumsi sedikit makanan, tetapi bisa menghasilkan telur yang banyak. Karena itu, ayam ini terbilang lebih murah ketimbang breed lain. Oleh karena itu di Indonesia para peternak ayam banyak sekali membudidayakan jenis ayam ini.

Penampilan ayam hibrida memang khas. Tubuh mereka berwarna emas dan cokelat. Sementara ekornya berwarna putih. Bulunya lembut. Ayam hibrida juga cenderung tangguh dan ulet meskipun kadang-kadang terserang penyakit ayam. Mereka bisa bertelur sebanyak 280-an telur setiap tahun. Warna telurnya cokelat dan ukurannya sedang.

Ayam Ancona

Ayam berukuran kecil dan berbadan ramping ini asalnya dari Italia. Namun sekarang sudah tersebar juga di Amerika Serikat dan Inggris. Setiap tahunnya, mereka akan memproduksi sekitar 200 telur putih yang mungil. Penampilannya sendiri mirip dengan Plymouth Rock, namun mereka lebih kecil. Sementara karakternya lebih liar, bahkan hobi terbang ke luar dari kandangnya.

Ayam Barnevelder

Ayam dengan corak indah ini merupakan hasil persilangan dari burung hutan Asia dengan Landrace Belanda. Bisa dilihat, ayam ini memiliki bulu yang mengkilap. Warna bulunya didominasi oleh hitam, dengan ujung bulu berwarna cokelat.

Jika memelihara ayam ini, anda bisa mengharapkan 200-an telur per tahunnya. Mereka juga cenderung tenang, bukan ‘penerbang’ handal. Anda pun tak perlu khawatir soal bulu-bulunya yang berterbangan .

Jenis Ayam Petelur Terbaik di Indonesia

4 Bentuk Jalu Paling Berbahaya Sabung Ayam

Ayam Rhode Island Red

Ayam ini berasal dari Amerika. Mereka tak hanya dipelihara untuk diambil telurnya, melainkan ia juga berperan sebagai ayam pedaging. Senada dengan ayam hibrida, mereka juga terkenal tangguh, bisa menjaga diri, cenderung ramah, dan produktif bertelur.

Secara fisik, Rhode Island Red memiliki bulu yang cokelat dan hitam. Sehingga penampilannya terbilang lebih gelap. Dalam setahun, ayam ini bisa menghasilkan sekitar 250 telur. Telurnya berwarna cokelat dan berukuran sedang.

Ayam Leghorn

Sama seperti Rhode Island Red, telur ini juga memproduksi 250 telur dalam setahun. Namun telur mereka bukan cokelat, melainkan putih dan berwarna sedang. Sementara tubuhnya putih bersih, dengan sisir merah yang besar dan tebal. Namun leghorn cenderung sulit dijinakkan. Ayam petelur berwarna putih ini mempunyai perangai pemalu.

Ayam Sussex

Sussex juga menjadi ayam yang dipelihara karena 2 tujuan; telur dan daging. Mereka bertelur sebanyak 250 butir per tahun. Warna telurnya putih krem hingga cokelat.

Namun warna ayamnya beragam, sekitar 8 warna berbeda. Yang paling umum berwarna putih bersih dengan ekor berbulu dan bulu lehernya hitam. Ras ayam ini dinilai sangat tenang. Mereka juga senang berkeliaran tanpa merusak lingkungan. Bahkan ayam ini pun bersedia memakan sesuatu dari tangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…