Kandang Budidaya Ayam Batik
Home Artikel Kandang Budidaya Ayam Batik
Artikel - 3 minggu ago

Kandang Budidaya Ayam Batik

Kandang Budidaya Ayam Batik

Ayam batik yaitu ayam sebright. Ayam sebright yaitu salah satu ayam yang berasal dari Inggris, dikembang biakkan oleh Sir John Sebright, ini mungkin alasan mengapa nama ayam ini menjadi “Sebright” seperti pengembang biaknya.

Natural menarik dari ras ayam variasi ini yaitu ayam tersebut mempunyai keunikan yaitu bulunya seperti motif batik.
Lalu tubuh dan ekor pada ayam jantan dan betina sama alias tak berbeda.

Di Indonesia ayam ini diketahui dengan ayam batik, sebright warna cokelat atau gold sebright disebut ayam batik Kanada meski silver sebright disebut batik Italy.

Ciri khas ayam tersebut terletak pada warna bulunya yang menyerupai motif batik, karenanya tak mengherankan kalau orang-orang Indonesia menyebutnya dengan ayam batik. Ayam sebright termasuk kedalam klasifikasi ayam pendatang. Tetapi seperti disebut di atas, ayam variasi ini tak berasal dari Indonesia namun berasal dari inggris.
Namun benih yang berkembang di Indonesia oleh masyarakat diduga berasal dari itali, oleh karena itu ayam ini acap kali juga diketahui dengan ayam itali dalam sabung ayam.

Dan menurut cerita masyarakat yang sudah beredar, ayam tersebut memang sudah ada di Indonesia semenjak dulu, hanya saja yang mempunyai hanya orang-orang tertentu saja.

Malahan dulu sebagian orang yang memelihara pernah menghasilkan ayam ini untuk dikonsumsi.
Setelah tahu bahwa ayam tersebut yaitu ayam hias yang mempunyai harga jual yang tinggi  .

Nutrisi Sempurna Buah Duku Untuk Ayam Aduan

Karakter Ayam Batik

Ayam ini termasuk variasi ayam yang gesit dan lincah sehingga membikin ayam ini menonjol kian indah dan menarik perhatian. Ayam jantan untuk ayam batik itali ini lebih agresif dibandingkan dengan betinanya. Ayam batik itali yaitu ayam batik yang berwarna putih atau silver meski variasi ayam batik lainnya yaitu ayam batik kanada yang mempunyai warna gold atau emas.

Harga Ayam Batik

Ayam batik ini bisa dibeli berupa anakannya maupun dewasanya. Anakan ayam batik yang berusia 1 sampai 3 minggu bisa dibeli dengan harga Rp. 50.000 meski untuk ayam batik yang berumur 2 sampai 3 bulan bisa dibeli dengan harga Rp. 100.000an. Untuk ayam batik yang sudah menempuh usia 4 sampai 5 bulan bisa dibeli dengan kisaran Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000.

Kandang Budidaya Ayam Batik

Dalam pembudidayaan ayam batik ini perbandingan antara jantan dan betina bisa 1 ekor jantan berbanding 10 ekor betina. Tetapi secara alami, pejantan ayam variasi ini cakap membuahi 10 ekor betina. Tetapi untuk hasil yang lebih memuaskan atau mutu anak lebih baik, sebaiknya pakai perbandingan 1 : 5 atau 6 ekor per sangkar.

Dimana sepatutnya benar-benar bersih dan kering, selain untuk menjaga kesehatan ternak kita.
Hal ini juga akan berimbas terhadap kecemerlangan bulunya, khususnya karena keistimewaan ayam batik ini yaitu pada keindahan warna bulunya dan itu lah skor jual dari ayam ini. Jadi, pemeliharaan bulu sepatutnya menjadi prioritas utama.

Dan kita menemui jantan yang berjengger wilah, untuk hal ini lebih lebih dianjurkan memilih jantan yang berjengger ros.
Pengeraman sepatutnya dipisahkan dengan sangkar daerah peristirahatan ayam. Isu ini untuk menghindari gangguan dari ayam-ayam lain. Pakan sebaiknya mengaplikasikan layer yang disisipi irisan sayuran-sayuran hijauan berupa daun kol, daun kangkung, dan lain-lain yang berguna untuk menjaga kesehatannya. Dan jangan lupa, memberi tambahan vitamin secukupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas – Banyak masyarakat Indo…