Berak Hijau Pada Ayam Aduan
Home Artikel Kenali Berak Hijau Pada Ayam Aduan Yang Sering Kali Terjadi
Artikel - 2 minggu ago

Kenali Berak Hijau Pada Ayam Aduan Yang Sering Kali Terjadi

Kenali Berak Hijau Pada Ayam Aduan Yang Sering Kali Terjadi – Setiap jenis ayam bangkok aduan tentu pernah di serang oleh berbagai jenis penyakit selama perawatannya berlangsung. Baik itu dari penyakit biasa hingga mematikan yang jika tidak diatasi tentu dapat mempengaruhi kualitas tarung serta fisik yang dimiliki bahkan hingga berujung kematian.

Salah satunya seperti penyakit berak hijau yang kerap kali ditemukan langsung pada ayam aduan dan sering meresahkan para bobotoh. Berak hijau atau kolera pada umumnya terjadi akibat faktor lingkungan kandang serta pakan sang ayam. Tepatnya kondisi kandang dan tempat pakan yang tidak terawat sehingga menyebabkannya menjadi kotor dan lembab. Tentu hal ini akan memicu berbagai bakteri dan penyakit hidup dan menyerang sang ayam.

Atasi Berak Hijau Pada Ayam Aduan Yang Kerap Kali Datang

Faktanya penyakit satu ini juga tidak boleh diremehkan karena dapat menyerang segala jenis ayam aduan baik itu masih anakan maupun sudah dewasa. Bahkan hingga babon dan telur juga dapat ikut tertular penyakit satu ini apabila dibiarkan begitu saja. Dalam mengenali ayam bangkok berak hijau, bobotoh dapat melihat dari sejumlah ciri yang dikeluarkan antaranya.

  • Kotoran yang dihasilkan ayam aduan nantinya akan berwarna hijau
  • Adanya lendir yang keluar pada daerah mulut, hidung serta dubur ayam aduan
  • Perubahan warna pada daerah jengger menjadi hitam kecoklatan
  • Ayam tampak lesu, lemas dan tidak dapat bergerak serta menurunnya stamina hingga membuatnya kesulitan berdiri
  • Menurunnya nafsu makan ayam aduan sehingga membuat berat tubuhnya juga ikut menurun
  • Dan apabila sudah parah, maka ayam akan mengalami pembengkakan pada bagian wajahnya menjadi merah kebiruan
  • Dilanjutkan juga hingga ke daerah lutut sehingga membuatnya dapat mengalami kelumpuhan berjalan.

Berak Hijau Pada Ayam Aduan

Pengobatan Berak Hijau Ayam Aduan Dengan Cara Tepat

Meski demikian, bobotoh tidak perlu khawatir pasalnya terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi penyakit ayam aduan satu ini. Adapun sebelum proses dilakukan, ayam sudah terlebih dahulu dipisahkan di kandang berbeda agar tidak menulari ayam lainnya yang masih sehat. Karantina sang ayam hingga proses penyembuhan selesai dan berikan perawatan khusus lainnya.

Selanjutnya berikan kandang ayam yang sakit menggunakan cairan antiseptik berupa dektan secara menyeluruh. Sedangkan untuk perawatan kepada ayam dapat dimulai dengan pemberian pakan yang mudah dicerna seperti nasi. Sebaliknya tidak disarankan untuk diberikan pakan berupa voer atau bekatul karena mudah busuk.

Dilanjutkan juga dengan pemberian Amoxillin dengan dosis yang dianjurkan sesuai dengan usia dan kondisi ayam. Kemudian bobotoh juga dapat menambahkan suntikan medoxy-L dengan takaran yang tepat dan berikan selama tiga hari. Selain penyuntikan, bobotoh juga dianjurkan dengan memberikan antibiotik seperti coccilin, furozolidon, noxal, ampisol dan lain-lain. Dan dilanjutkan dengan pemberian obat tetraclore yang dapat ditemukan di toko pakan ternak.

Terakhir adalah pemberian asupan suplemen atau jamu khusus yang memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh ayam selama proses penyembuhan berlangsung. Lakukan semua perawatan diatas secara rutin dan berulang hingga ayam aduan sembuh total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas – Banyak masyarakat Indo…