Kenali Dan Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan
Home Artikel Kenali Dan Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan
Artikel - 2 minggu ago

Kenali Dan Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan

Kenali Dan Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan – Memasuki musim pancaroba seperti ini, berbagai jenis penyakit akan sangat mudah menyerang sang ayam aduan, seperti penyakit korep atau kurap. Termasuk ke dalam penyakit kulit, kurap pada ayam aduan sering kali menyerang bagian jengger dan adapula bagian kulit lainnya yang ditandai dengan bintik putih seperti ketombe.

Kurap pada ayam aduan sendiri memang sudah menjadi masalah yang sering kali ditemui oleh setiap bobotoh. Sehingga penting untuk melakukan penanganan yang tepat agar tidak semakin parah terlebih kurap termasuk ke dalam penyakit menular

Pada dasarnya kurap pada ayam aduan dapat muncul dikarenakan beberapa sebab seperti kandang yang kotor, kotoran yang menumpuk hingga tidak adanya perawatan khusus terlebih usai diadu. Hal ini tentu akan membuat bakteri mudah berkembang biak. Adapun biasanya bagian tubuh yang sering diserang antaranya seperti jengger, bagian kulit dekat paruh, dekat kelopak mata, leher, dan lain sebagainya.

Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan

Agar ayam aduan tidak kembali terserang, tentu bobotoh harus melakukan sejumlah pencegahan. Yakni diantaranya seperti berikut.

  • Rutin merawat dan menjaga kebersihan kandang sehingga terbebas dari kotoran dan sisa makanan
  • Utamakan agar kandang ayam berada dalam kondisi yang tidak lembab. Bobotoh juga dapat menggunakan pasir sebagai alasnya.
  • Setiap kandang diharuskan memiliki saluran kandang yang baik sehingga tidak pengap dan udara dapat masuk dengan lancar.
  • Jangan menempatkan ayam aduan dalam kandang yang terlalu sempit
  • Apabila salah satu ayam ada terkena penyakit kurap, segera lakukan tindakan karantina agar tidak menulari ayam yang sehat.

Kenali Dan Pencegahan Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan

Tips Pengobatan Kurap Ayam Aduan Yang Banyak Dilakukan Bobotoh

1. Daun Sirih

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih yang nantinya dimandikan langsung pada ayam yang terserang kurap. Kemudian lanjutkan dengan menjemur sang ayam dibawah sinar matahari langsung. Adapun nantinya kandungan antibiotik pada daun sirih akan membunuh kuman penyebab korep

2. Daun Ketepeng

Biasanya daun ketepeng memang sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengatasi masalah gatal dan sejenisnya. Adapun cara ini juga dapat diterapkan langsung pada ayam aduan yang terserang korep yakni dengan menggosok daun ini secara rutin pada bagian yang terkena hingga korep hilang.

3. Minyak Goreng dan Belerang

Kemudian adalah penggunaan minyak goreng dan belerang yang memiliki pengaruh yang tidak jauh berbeda dari penggunaan daun sirih. Untuk pemberiannya sendiri cukup dilakukan dengan mengoleskan langsung pada bagian tubuh ayam yang terserang.

4. Salep Kurap Khusus

Terakhir adalah dengan penggunaan obat kimia berupa salep kurap khusus yang biasanya sering dipilih oleh bobotoh berpengalaman. Adapun salep yang dimaksud yakni berbahan vaselin (dapat menggunakan jenis salep 88 atau kanesten). Yang kemudian dioleskan langsung pada bagian tubuh ayam selama 3 hari dan jangan dimandikan. Dan jika belum hilang juga bobotoh dapat mengulangi kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas

Point-point Penting Untuk Mengetahui Ayam Aduan Berkualitas – Banyak masyarakat Indo…