Kenali Kelamin Anak Ayam Ketika Masih Dalam Telur
Home Artikel Kenali Kelamin Anak Ayam Ketika Masih Dalam Telur
Artikel - Oktober 27, 2020

Kenali Kelamin Anak Ayam Ketika Masih Dalam Telur

Kenali Kelamin Anak Ayam Ketika Masih Dalam Telur – Mengenali jenis ayam aduan pejantan atau betina setelah menetas tentu menjadi tugas yang tidak rumit. Namun berbeda ceritanya jika ayam yang harus dibedakan masih dalam bentuk telur tentu masih terasa sulit oleh kebanyakan bobotoh.

Jika dilihat langsung, penampakan semua telur pada dasarnya sama saja. Namun jika dilihat lebih lanjut dan detail, terdapat sejumlah tanda yang menjadi ciri khas untuk membedakan antara telur jantan dan juga betina. Dimana hal ini dapat menjadi modal tersendiri bagi setiap bobotoh untuk mendapatkan ayam aduan jawara.

Kenali Kelamin Anak Ayam Ketika Masih Dalam Telur Sangat Mudah

Pada dasarnya, bentuk pada telur ayam dibedakan menjadi dua yakni ada yang panjang (lonjong) dan bulat. Umumnya, kebanyakan bobotoh hanya memilih telur ayam jantan untuk dibiarkan menetas dan dirawat sebagai petarung jawara. Sedangkan untuk sang betina lebih dominan untuk dikonsumsi atau dijual. Meski demikian, ada juga sebagian bobotoh yang tetap memilih untuk menetaskannya guna dijadikan bibit betina berkualitas selanjutnya.

Memiliki dua bentuk yang berbeda menjadi salah satu cara untuk menentukan apakah sang ayam betina atau jantan. Telur dengan bentuk sedikit lonjong pada bagian atas dipercayai sebagai jenis telur yang akan menghasilkan anak ayam betina. Jenis telur ini harus dirawat dengan hati-hati agar dapat menetas menjadi babon unggulan nantinya.

Sedangkan telur dengan bentuk yang yang bulat namun agak lonjong atau panjang dipastikan akan menghasilkan ayam jantan. Tak jarang, masih banyak bobotoh yang salah pilih karena bentuk yang hampir sama dengan bentuk telur betina. Maka dari itu, sangat diperlukan tingkat ketelitian yang lebih.

Namun ada juga terdapat salah satu jenis telur yang dikatakan sempurna untuk dijadikan sebagai petarung jawara yakni dengan bentuk yang lonjong sempurna. Dimana hal ini diyakini bahwa ayam jantan yang dihasilkan menuruni sifat dari sang indukan langsung.

Tak heran, jika banyak bobotoh yang sangat mengistimewakan jenis telur satu ini. Mulai dari proses penetasan menggunakan mesin hingga penempatannya yang berbeda dari telur lainnya.

Meski demikian, proses membedakan antara telur jantan dan betina dari bentuk memang tidak dapat dipastikan hingga 100% benar. Namun dari pengalaman bobotoh yang sudah mencobanya, hasil yang didapatkan dapat mencapai 70-80%. Dimana dari 10 telur yang menetas, 7 diantaranya benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia – Untuk semua jenis ayam bangkok aduan yan…