Langkah Mencegah Kembalinya Penyakit Ngorok Ayam Aduan
Home Artikel Langkah Mencegah Kembalinya Penyakit Ngorok Ayam Aduan
Artikel - 5 hari ago

Langkah Mencegah Kembalinya Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Langkah Mencegah Kembalinya Penyakit Ngorok Ayam Aduan – Penyakit ngorok kerap kali terjadi pada ayam aduan anda. Penyakit satu ini memang mudah menyerang setiap jenis ayam baik itu masih anakan maupun sudah dewasa. Tepatnya penyakit ini mengenai langsung sistem pernapasan sang ayam sehingga membuatnya sulit untuk bernapas akibat serangan bakteri. Selain itu hal ini juga akan membuat ayam kerap kali bersin-bersin.

Biasanya bakteri ini mudah sekali tumbuh didaerah sekitar peternakan ayam potong, maka dari itu penting bagi setiap bobotoh untuk melakukan tindakan pencegahan.

Langkah Mencegah Kembalinya Penyakit Ngorok Ayam Aduan

1. Karantina Ayam Yang Sakit

Ayam aduan yang sedang berada dalam kondisi sakit sebaiknya langsung dilakukan pemisahan kandang atau karantina dari ayam yang sehat. Mengingat ngorok termasuk ke dalam penyakit menular dan jika tidak dipisah maka ayam yang sehat akan sangat mudah ikut terkena juga.

2. Bentuk Kandang

Kandang memang merupakan bagian penting yang harus diperhatikan oleh setiap bobotoh dalam pembuatannya. Selain menjadi tempat tinggal namun hal ini juga menjaga ayam dari serangan penyakit di luar. Usahakan untuk membuat kandang dengan desain tinggi dan tidak sempit. Pasalnya kandang yang sempit akan membuat ayam menjadi kesulitan bernapas dan menimbulkan penyakit ngorok.

3. Pemberian Pakan

Pemberian pakan sejak dari dulu memang tidak boleh dilakukan dengan sembarang. Pasalnya hal ini juga dapat memicu munculnya penyakit ngorok karena gangguan pada sistem pernapasan. Maka dari itu pastikan pakan yang diberikan selalu disesuaikan dengan umur serta tipe tarung.

4. Merawat Kandang

Kondisi kandang ayam yang bersih dan nyaman tentu akan menjadi salah satu tindakan dalam mencegah pertumbuhan bakteri. Maka dari itu bobotoh diingatkan selalu rutin membersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan. Sebaliknya jika tidak dilakukan maka akan memudahkan bakteri CRD penyebab penyakit ngorok mudah muncul.

5. Pengarungan Ayam

Musim hujan yang ekstrim menjadi penyebab timbulnya penyakit ngorok yang sering kali terjadi. Maka dari itu pemberian perawatan terlebih saat malam hari secara ekstra sangat dibutuhkan. Adapun bobotoh dapat melakukan pengarungan pada sang ayam guna mencegah bakteri yang menyerang sistem pernapasan dan juga penyakit lain seperti flu burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan – Memilih anakan ayam bangk…