Mengenal Ayam Phoenix Ekor Panjang Jerman
Home Artikel Mengenal Ayam Phoenix Ekor Panjang Jerman
Artikel - Juli 30, 2020

Mengenal Ayam Phoenix Ekor Panjang Jerman

Mengenal Ayam Phoenix Ekor Panjang Jerman – Ayam Phoenix merupakan jenis unggas populer yang berasal dari salah satu negara Eropa yakni Jerman. Ayam Phoenix merupakan hasil persilangan antara jenis ayam lain dengan Onagadori. Untuk jenis Ayam phoenix masih memiliki garis keturunan dengan ayam Onagadori. Untuk kedua jenis ayam ini memiliki ekor yang panjang jika dibandingkan dengan jenis ayam lain. Dalam mengenali Ayam Phoenix sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memiliki ekornya yang cukup panjang. Tidak sama dengan Ayam Onagadori, ekornya cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan ayam phoenix. Panjang bulu ekornya yang bisa mencapai 3 meter ( maksimal ). Semakin usia ayam bertambah maka panjang ekor ayam semakin memanjang.

Warna bulu Ayam Phoenix beraneka ragam mulai dari ayam phoenix putih kemerahan, hitam, kuning, emas, serta kuning kecokelatan dengan bentuk fisiknya yang hampir sama dengan ayam kampung jantan. Ayam Phoenix juga termasuk jenis ayam yang cukup aktif dan produktif. Untuk wilayah Indonesia jenis ayam yang memiliki ekor panjang terbagi dalam 2 macam. Yakni Ayam Onagadori dan Ayam phoenix. Perbedaan dari kedua jenis ayam tersebut pada bulu ekornya yang panjang. Pada bulu ekor ayam phoenix yang lurus dan panjang, sama halnya ayam onagadori dengan memiliki bulu yang panjang namun bentuknya cenderung lebih ikal.

Mengenal Ayam Phoenix Ekor Panjang Jerman

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

Berikut merupakan ciri-ciri ayam phoenix ekor panjang :

Ekornya yang lurus dan panjang
Jenggernya yang bertipe tunggal bergerigi 5 berwarna merah
Berat ayam phoenix jantan sekitar 2,5 kg dan berat ayam betina mencapai 1,8 kg
Memiliki berbagi macam warna pada bulunya

Pakan yang bisa di berikan untuk ayam phoenix

Ras Ayam Phoenix merupakan hewan aktif bergerak, lebih membutuhkan makanan dengan asupan protein tinggi agar ekornya dapat tumbuh secara optimal. Jenis pakan yang dapat diberikan memanglah hampir sama dengan jenis ayam lainnya. Pakan yang dapat diberikan haruslah memiliki kandungan gizi yang baik bagi ayam. Pola pemberian pakan sendiri dapat dibedakan menurut usianya. Pada anakan ayam dapat diberikan pakan voer atau BR dengan kandungan proteinnya yang tinggi berguna membantu pertumbuhan bagi anakan ayam tersebut. Pada usia ayam dewasa diberikan pakan dedak , bekatul di campurkan dengan potongan sayuran seperti bayam , kangkung dan sawi. Karena pada pakan dengan mengandung banyak sayuran dipercaya dapat memicu pada telur ayam serta keindahan pada bulu dan tubuh ayam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…