Mengenal Ayam Serama | Ayam Hias untuk Kontes
Home Artikel Mengenal Ayam Serama | Ayam Hias untuk Kontes
Artikel - September 9, 2020

Mengenal Ayam Serama | Ayam Hias untuk Kontes

Mengenal Ayam Serama | Ayam Hias untuk Kontes – Kontes hewan merupakan salah satu kontes yang membawa angin segar bagi para pecinta binatang peliharaan. Kontes hewan telah banyak mengalami perkembangan terutama dengan peserta kontes yang tidak hanya berupa anjing dan kucing saja.

Sekarang ayam pun sudah mengikuti kontes, terutama ayam hias seperti ayam serama dan ayam kate. Ayam tersebut memiliki keunikan tersendiri yang bisa dilombakan karena keindahan tubuhnya.

Asal-Usul Ayam Serama

Asal wilayah ayam serama adalah dari negara Malaysia. Di Indonesia sendiri, serama mulai dikenal masyarakat pada sekitar tahun 2000-an. Penamaan serama terbilang cukup unik, meskipun berasal dari Malaysia. Di Indonesia disebut serama yang memiliki asal-usul kata dari ‘Sri’ dan ‘Rama’ yang merupakan nama tokoh pewayangan Jawa.

Kata ‘Sri’ dan ‘Rama’ memiliki arti kesatria anggun dan gagah berani, seperti tokoh dengan nama tersebut dalam cerita wayang Jawa. Ayam ini dikenal sebagai ayam hias karena ukurannya yang kecil dan juga keunikan tubuhnya. Dada ayam ini membusung ke depan dengan kepala yang tetap tegak ke belakang dan nyaris menyentuh bagian ekornya.

Selain itu, ekor serama bisa menjulang hinga 90 derajat. Dalam kontes, ayam ini layaknya seorang peragawan yang unjuk kebolehan di atas catwalk dengan sayap yang luruh ke bawah. Kebanyakan serama memiliki bulu berwarna terang dan tak kusam, yang banyak dijumpai adalah serama dengan bulu berwarna merah dan serama dengan bulu berwarna hitam.

Jenis Ayam Kampung Yang Dapat di Jadikan Sabung Ayam

Mengenal Ayam Serama | Ayam Hias untuk Kontes

Jenis-Jenis Ayam Serama

Karena dadanya yang membusung, serama juga mendapat julukan ayam sombong. Namun ada juga yang menyebutnya dengan ayam prajurit karena tubuhnya yang gagah dan tegap berdiri seakan siap melawan musuhnya. Ayam sombong atau ayam prajurit ini memiliki beberapa jenis, antara lain:

Serama Tipe Slim

Bisa dibilang serama tipe slim adalah serama yang pertama kali muncul setelah masyarakat hanya mengenal ayam mini berupa ayam kate. Serama jenis ini adalah nenek moyang dari serama-serama yang sudah ada saat ini. Pada awal kemunculannya, serama ini langsung mendapatkan banyak peminat terutama kolektor ayam hias. Berat serama jenis ini bisa mencapai sekitar 600 gram.

Serama Apple

Namanya terbilang cukup unik jika dibanding dengan nama ayam serama pada umumnya. Serama jenis ini memiliki sebutan demikian karena memang bentuk tubuh yang menyerupai apel, yakni dengan tubuh yang bulat dan kaki yang pendek. Jika dilihat, ayam ini juga terlihat seperti apel yang bulat. Serama apple mulai dikenal masyarakat sekitar tahun 2003 – 2004.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia – Untuk semua jenis ayam bangkok aduan yan…