Pemanasan Wajib Ayam Aduan Sebelum Berlaga
Home Artikel Pemanasan Wajib Ayam Aduan Sebelum Berlaga
Artikel - Juli 23, 2020

Pemanasan Wajib Ayam Aduan Sebelum Berlaga

Pemanasan Wajib Ayam Aduan Sebelum Berlaga – Pemanasan yang diberikan kepada ayam peliharaan kita merupakan suatu hal yang wajib sekali dilakukan oleh para peternak ayam petarung. Apalagi bila ayam aduan tersebut akan dibawa ke sebuah arena pertandingan sabung ayam. Tentunya anda tidak ingin bahwa ayam peliharaan anda dapat dikalahkan oleh ayam lawan hanya dalam hitungan detik. Saat sebelum mempertarungkan ayam anda dengan ayam lain, hal yang harus dimiliki oleh ayam petarung anda adalah kondisi tubuh yang sempurna, seperti kesehatan, daya tahan tubuh, kecepatan, tenaga, dan lain sebagainya.

Maka untuk mencapai hal tersebut, tentunya perlu anda berikan latihan khusus kepada ayam aduan anda. Pemanasan yang diperlukan adalah berupa latihan fisik yang dapat mempengaruhi kemampuannya saat bertarung di arena.

Pemanasan Wajib Ayam Aduan Sebelum Berlaga

Pemanasan berupa latihan fisik pada ayam petarung dapat diberikan pada satu bulan sebelum pertandingan sabung ayam dihelat. Pada waktu tersebutlah anda dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melatih ayam kesayangan anda agar dapat menjadi jawara. Latihan yang dapat anda berikan adalah sebagai berikut :

Latihan Leher
Pelatihan leher diberikan agar dapat memperkuat otot leher ayam petarung. Ayam yang memiliki leher kuat dapat menekuk leher lawannya disaat sedang dalam posisi jarak dekat atau menempel. Latihan memperkuat otot juga relatif mudah, hanya dengan cara memutarkan leher ayam dengan lembut juga selama beberapa menit. Hindari juga memutar leher ayam dengan kasar.

Latihan Kaki
Melakukan latihan kaki juga sangat penting sekali untuk dilakukan oleh ayam laga. Kaki yang kuat akan memantapkan posisi kuda-kuda menyerang ayam. Selain itu juga kaki yang kuat juga dapat mempertinggi keseimbangan ayam ketika menyerang maupun saat diserang oleh lawannya.

Latihan Sayap
Melatih otot sangat penting, karena dengan otot sayap yang kuat, ayam petarung anda bisa dapat menjadi lebih seimbang ketika berada di udara maupun saat diserang oleh lawan. Cara untuk melatih dengan menahan bagian ekor ayam, lalu biarkan ayam mengepak-ngepak sayapnya hingga beberapa menit saja.

Latihan Tubuh
Latihan tubuh diberikan kepada ayam petarung agar tubuhnya dapat menjadi lebih kuat dan juga lentur. Selain itu juga latihan tubuh bisa membuat ayam menjadi lebih gesit sehingga dapat menggunakan posisi tubuhnya yang kuat saat ingin melakukan serangan. Latihah yang dapat diberikan pun mudah, hanya dengan memutar-mutar tubuh ayam dengan lembur selama beberapa menit. Memutar dengan lembur agar dapat menghindari ayam tersebut menjadi pusing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…