Pengobatan Alternatif Kaki Lemas Pada Ayam Aduan Bangkok
Home Artikel Pengobatan Alternatif Kaki Lemas Pada Ayam Aduan Bangkok
Artikel - April 20, 2020

Pengobatan Alternatif Kaki Lemas Pada Ayam Aduan Bangkok

Pengobatan Alternatif Kaki Lemas Pada Ayam Aduan Bangkok – Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok aduan dengan kondisi tubuh yang prima tentu menjadi kunci utama dalam memenangkan sebuah pertandingan. Maka dari itu menjaga kondisi dan daya tahan tubuh ayam merupakan tugas utama para bobotoh sabung ayam.

Dalam penerapannya, para bobotoh dapat melakukan sejumlah cara dan salah satunya adalah melalui pemberian dan perawatan yang baik dan benar. Tentu selain menjaga kondisi daya tahan tubuh namun juga membuat ayam aduan tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Namun tak jarang para bobotoh sering kali mengalami sejumlah masalah dapat perawatannya. Tak lain dikarenakan kondisi fisik tubuh ayam yang tiba-tiba bermasalah seperti yang yang sering kita temui yakni keadaan kaki ayam yang tiba-tiba lemas.

Disini kami akan mengulas beberapa teknik pengobatan alternatif yang dapat dilakukan apabila ayam aduan mengalami kondisi kaki lemas.

Pengobatan Alternatif Kaki Lemas Pada Ayam Aduan Bangkok

1. Mengenali Penyebab Kaki Ayam Aduan Lemas

Sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya para bobotoh mencari lebih dulu penyebab kaki ayam aduan menjadi lemas. Umumnya terdapat sejumlah alasan dapat menjadi penyebab lemasnya kaki ayam aduan. Yakni seperti cedera saat menjalani latihan abar, terkena pukulan benda keras, tidak terpenuhi jumlah nutrisi yang sesuai, memaksa ayam aduan untuk di abar meski belum cukup umur dan masih banyak lagi.

2. Melakukan Tindakan Karantina

Usai mengetahui penyebab kaki ayam aduan yang lemas selanjutnya adalah dengan melakukan tindakan karantina. Yakni dengan memisahkan ayam aduan yang sakit dengan ayam yang sehat agar proses pemulihan berlangsung cepat. Sehingga nantinya proses pemulihan semakin cepat tanpa adanya gangguan dari ayam lain.

3. Menyuapi Ayam Aduan

Selama proses karantina berlangsung, perawatan pada sang ayam juga perlu diperhatikan. Salah satu terpentingnya adalan pemberian pakan bernutrisi secara rutin guna mengembalikan stamina pada sang ayam. Selain itu, ayam aduan dengan kondisi kaki yang lemas juga tentu akan sulit untuk bergerak maka dari itu para bobotoh dapat membantunya. Yakni dengan menyuapi secara langsung pakan pada sang ayam.

4. Pemberian Minum Yang Ekstra

Selain pemberian pakan, sang ayam juga tentu tidak lupa untuk diberikan minum. Dimana dalam pemberiannya sendiri para bobotoh tidak boleh membatasi pemberian air yang akan diberikan. Hal ini dikarenakan selama ayam sakit, kebutuhan minum pada ayam aduan akan meningkat. Sehingga tentu pemberian air minum yang banyak dapat membentuk penyerapan mineral yang dibutuhkan.

5. Pemberian Obat Alami Pada Ayam Aduan

Langkah selanjutnya adalah proses pemberian obat-obatan alami pada sang ayam. Banyak botoh tua yang menggunakan bahan-bahan herbal dalam mengatasi penyakit satu ini dimana nantinya mampu mengembalikan kondisi syaraf yang rusak dan memperbaiki metabolisme tubuh.

6. Pemijatan Kaki Ayam Aduan

Dan langkah terakhir adalah dengan memberikan sejumlah pijatan pada kaki ayam aduan selama proses perawatan berlangsung.  Dibantu dengan pengolesan obat turun urat herbal ayam yang salep secara perlahan dan hati-hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kuaci Bagi Ayam Bangkok Guna Menguatkan Otot Tubuh

Manfaat Kuaci Bagi Ayam Bangkok Guna Menguatkan Otot Tubuh Dalam dunia sabung ayam online,…