Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk
Home Artikel Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk
Artikel - Juli 24, 2020

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk – Sebagai penggemar ayam aduan berkualitas tentunya sayang jika ayam aduan anda tidak menghasilkan keturunan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk untuk ayam aduan kesayangan anda.

Kawin duduk dikenal sebagai dodokan. Agar dapat melatih ayam untuk melakukan kawin duduk dengan benar, sebaiknya sediakan satu ekor pacek yang sudah biasa dengan kawin duduk. Pacek tersebut akan bertindak sebagai pelatih yang akan mengajari dan menerapkan secara langsung bagaimana cara kawin duduk pada babon ayam.

Mengapa kawin duduk dianggap cara kawin ayam aduan paling baik? Karena pada posisi ini akan meningkatkan libido atau nafsu sang ayam. Waktu yang tepat bisa anda lakukan pada pukul 6-7 pagi hari dan pukul 4-5 sore hari.

Fakta!! Inilah Faktor Penyebab Ayam Aduan Sulit Gemuk

Tips dan Trik Mudah Melatih Ayam Agar Mau Kawin Duduk

  1. Biarkan pacek dan ayam betina berkeliaran di depan halaman pada pagi dan sore hari. Jangan memasukan keduanya didalam kandang umbaran agar ayam pacek tertarik dan akan mengawinkan ayam betina.
  2. Pada sore hari, masukan kedua ayam ke dalam kandang umbaran. Masukan betina, pacek yang sudah terlatih dan pacek yang akan kawin. Biarkan kedua pacek berdiri sejajar secara berdampingan. Ambil ayam betina dan pegang bagian dada, perut, dan paha atas dengan kedua tangan.
  3. Pastikan posisi jempol berada di bagian punggung betina dan jari lain di bagian perut / paha ayam. Dekatkan betina dengan pacek tadi, pasti sang jantan akan bersemangat untuk mengawinkannya. Jika sudah demikian, dudukan betina di depan ayam jantan.
  4. Saat ayam pacek mendekati betina yang sedang duduk, naikan si jantan dan tekan punggungnya dengan jempol. Pada saat bersamaan, naikan juga punggung betina agar terlihat nungging sehingga membuat si jantan bisa memasukan penisnya ke dalam kloaka sang betina.
  5. Ayam jantan yang sudah nafsu akan menjadi agresif, bulu berdiri dan tidak bisa diam. Namun jika belum berhasil ulangi kembali setengah jam kemudian dan besok harinya. Dengan demikian sang pacek akan terbiasa dan terlatih.

Tips: Untuk melatih ayam kawin duduk tentunya membutuhkan kesabaran ekstra dan hal ini bukan ayam yang harus menuruti kita, namun kita lah yang menuruti keinginan sang ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Ayam Aduan – Dalam perawatan ayam aduan, tentu saja mem…