Tips Hilangkan Ngantuk Yang Sering Terjadi Pada Ayam Aduan
Home Artikel Tips Hilangkan Ngantuk Yang Sering Terjadi Pada Ayam Aduan
Artikel - Mei 3, 2020

Tips Hilangkan Ngantuk Yang Sering Terjadi Pada Ayam Aduan

Tips Hilangkan Ngantuk Yang Sering Terjadi Pada Ayam Aduan – Dalam dunia sabung ayam online, merawat ayam bangkok aduan agar terhindari dari berbagai macam penyakit tentu menjadi tugas penting bobotoh. Dimana hal ini nantinya bertujuan guna menjaga kualitas tarung agar selalu dalam kondisi prima. Sebaliknya, ayam yang sakit tentu akan menjadi masalah serius yang harus segera diatasi. Salah satunya yang tidak jarang ditemui seperti penyakit ngantuk yang membuatnya tidak semangat bertarung.

Tips Hilangkan Ngantuk Yang Sering Terjadi Pada Ayam Aduan

Faktanya, penyakit ngantuk ini sendiri dapat menyerang semua jenis ayam baik masih anakan maupun dewasa. Dimana hal ini ditandai dengan kenampakan mata yang berbusa hingga keluarnya lendir pada hidung ayam. Dan jika dibiarkan, hal ini akan membuat ayam kehilangan nafsu makan sehingga daya tahan tubuh ayam menurun dan terlihat lemas.

Umumnya, penyakit ini paling sering muncul pada saat memasuki musim pancaroba. Keadaan cuaca yang tidak stabil membuat daya tahan tubuh ayam menjadi menurun sehingga memudahkannya terserang penyakit.

Adapun sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi penyakit ngantuk ayam aduan. Yakni dalam.

1. Keadaan Kandang

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan kondisi kandang agar selalu terawat. Yakni kandang harus bersih, mendapat sinar matahari yang cukup hingga saluran udara yang lancar. Ditambah juga keadaan kandang yang harus selalu kering dan tidak lembab, tentu hal ini akan mencegah munculnya penyakit yang timbul.

2. Pemberian Pakan

Pemberian jenis pakan juga akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh masing-masing ayam. Adapun dalam pemberiannya, setiap bobotoh dianjurkan selalu memperhatikan jenis serta keadaan musim. Dimusim dingin, pakan gabah lebih dianjurkan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga mampu menghangatkan tubuh ayam. Sedangkan memasuki musim panas, pakan jagung cocok untuk diberikan karena kandungan protein yang kaya sehingga membantu menjaga tingkat stamina serta kesehatan ayam.

3. Asupan Jamu Khusus

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian jamu khusus guna menjaga kondisi tubuh masing-masing ayam. Ramuan yang dianjurkan antara lain seperti pemberian air jahe serta madu secara rutin yakni 3x seminggu agar tubuh ayam selalu hangat serta tidak mudah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia – Untuk semua jenis ayam bangkok aduan yan…