Tips Pembuatan Pakan Ayam Aduan Dari Limbah Udang
Home Artikel Tips Pembuatan Pakan Ayam Aduan Dari Limbah Udang
Artikel - 2 minggu ago

Tips Pembuatan Pakan Ayam Aduan Dari Limbah Udang

Tips Pembuatan Pakan Ayam Aduan Dari Limbah Udang – Limbah Udang merupakan bahan pakan yang dapat dijadikan Tepung untuk pakan ternak. Dari banyaknya limbah yang dihasilkan berupa kepala dan kulit dari udang. Limbah udang memang menjadi jalan alternatif untuk dijadikan bahan pakan Ayam Aduan dan memang lebih murah serta mudah untuk diperoleh dari pasar tradisional. Ataupun dapat ditemukan di industri pengalengan ataupun pembekuan udang.

Berikut ini adalah cara pembuatan tepung berbahan limbah udang :

  1. Persiapkan limbah udang
  2. Sebelum limbah udang diolah, sebaiknya dibersihkan terlebih dulu / dicuci dengan air yang mengalir.
  3. Rendam dengan menggunakan larutan Filtrat Air Abu Sekam (FAAS) 20% , selama 48 jam.
    *Untuk mendapatkan larutan abu sekam padi 20% dapat dilakukan dengan cara melarutkan 20 gram abu sekam padi dalam air bersih sebanyak 1 liter. Lalu larutan tersebut dibiarkan selama kurang lebih 24 jam, kemudian disaring untuk mendapatkan filtratnya serta siap untuk digunakan.
  4. Berikutnya panaskan dengan Autoclave selama 45 menit lamanya, lalu dapat langsung digiling menjadi bentuk pasta.
  5. Dilanjutkan dengan sebuah proses fermentasi dengan Menggunakan EM-4 dengan dosis 20 ml atau bisa juga menggunakan 100 gram substrat dengan fermentasi 11 hari lamanya.
  6. Lalu dikeringkan dengan pencahayaan sinar matahari, kemudian digiling kembali.

Tepung dari limbah udang mengandung seluruh asam amino essensial, juga merupakan sumber asam amino aromatik seperti fenilalanin dan tirosin. Kandungan tersebut lebih tinggi dibanding dengan tepung ikan. Lisin cukup tinggi yaitu hingga 4,58% dan sumber asam amino bersulfur (S) dengan kandungan metionin sebanyak 1,26%.

Tips Pemberian Pakan Yang Baik Dari Limbah Udang

Penggunaan tepung dari limbah udang tersebut juga perlu dibatasi. Ayam yang cocok untuk diberikan tepung dari limbah udang satu ini yaitu ayam jenis petarung dan petelur dengan takaran sebesar 4%. Jangan sampai lebih dikarenakan dapat menganggu sistem pencernaan ayam petarung tersebut sebab didalamnya mengandung khitin.

Khitin merupakan senyawa zat polisakarida yang akan menyebabkan kerasnya kulitcrustaceae (udang) serta molusca (kerang) dan dinding sel fungsi serta alga yang tertentu. Dalam pengolahan limbah Udang lebih baiknya dilakukan dengan perendaman serta fermentasi untuk meningkatkan daya cerna dan efektivitas serta efisiensi penggunaan pakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan – Memilih anakan ayam bangk…