Tips Perawatan Ayam Bekisar Untuk Bulu Tetap Cantik
Home Artikel Tips Perawatan Ayam Bekisar Untuk Bulu Tetap Cantik
Artikel - 4 minggu ago

Tips Perawatan Ayam Bekisar Untuk Bulu Tetap Cantik

Tips Perawatan Ayam Bekisar Untuk Bulu Tetap Cantik – Ayam Bekisar adalah merupakan salah satu jenis ayam keturunan F1. Hasil perkawinan dari ayam hutan jantan yang dalam bahasa ilmuan Gallus varius dan ayam Kampung betina Gallus gallus domesticus dan terjadilah ayam bekisar. Untuk ayam Bekisar ini dikembangkan sebagai ayam kesayangan untuk menghasilkan ayam hias yang indah rupawan dari bulunya. Terutama untuk mendapatkan keindahan suaranya dengan suara kokok yang memikat para orang yang mendengarnya.

Warna bulu ayam bekisar pada umumnya didominasi oleh warna yang sama pada bulu ayam kampung betina. Tetapi untuk bentuk tubuh, karakter dan suaranya sangat tergantung pada pejantannya yaitu ayam hutan hijau. Pada awalnya penggemar ayam Bekisar hanya menyukai warna merah dan hitam. Saat ini warna ayam Bekisar sangat beragam bahkan keindahan warna bulu ayam Bekisar sering digunakan sebagai salah satu kriteria dalam lomba Bekisar.

Tips Perawatan Ayam Bekisar Untuk Bulu Tetap Cantik

Warna dasar yang terdapat pada ayam Bekisar rata-rata mempunyai delapan warna dasar favorit yaitu Merah, Hitam, Putih, Kuning, Wido, Kelabu, Blorok, dan warna Jali. Ayam Bekisar yang sekarang telah menjadi lambang fauna maskot Propinsi Jawa Timur. Ayam Bekisar berasal dari pulau Kangean, sebuah pulau kecil sebelah timur Madura, termasuk wilayah kabupaten Sumenep. Ayam Bekisar ini sekarang sudah menyebar ke seluruh pulau Madura, Jawa, Bali, dan Wilayah Lombok, Flores. Selain di wilayah tersebut ayam Bekisar akan sangat sulit untuk dijumpai.

Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang mempunyai ayam bekisar dan ingin menjadikan ayam anda tampil lebih cantik. Berikut beberapa cara untuk mempercantik tampilan bulu pada ayam bekisar :

  1. Berikan ekstra makanan yang mengandung banyak vitamin untuk perawatan pada bulu ayam bekisar dan anda bisa berikan ekstra podeng setiap sore pada ayam Bekisar anda. Yaitu campuran air kencur dan madu di campurkan ke dalam makanan ayam Bekisar anda.
  2. Ayam Bekisar perlu berjemur beberapa menit di saat cuaca tidak terlalu terik untuk menghangatkan tubuh nya.
  3. Untuk kualitas suara ayam Bekisar agar tetap bagus terjaga anda bisa berikan pisang kapok atau buah tomat dan jangkrik untuk ayam Bekisar anda agar kualitas suara nya menjadi lebih baik lagi.
  4. Setelah semua sudah anda lakukan selanjutnya ayam Bekisar bisa anda masukan ke sangkar dan penutup setelah menjelang matahari terbenam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia

Jenis Ayam Aduan Bangkok Terbaik di Dunia – Untuk semua jenis ayam bangkok aduan yan…