Tips Racikan Pakan Ayam Paling Hemat
Home Artikel Tips Racikan Pakan Ayam Paling Hemat
Artikel - 2 minggu ago

Tips Racikan Pakan Ayam Paling Hemat

Tips Racikan Pakan Ayam Paling Hemat – Pemberian pakan pada ayam bangkok aduan tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Selalu berikan pakan yang memiliki nutrisi tinggi agar nantinya mampu memenuhi kebutuhan gizi sang ayam dalam masa perawatannya.

Adapun pada dasarnya pakan pada ayam aduan beragam jenisnya dan juga dapat bobotoh buat sendiri. Bobotoh juga tidak boleh sampai salah memilih pakan yang diperlukan agar nantinya tidak dibuat rugi. Perlu diingat pemberian pakan ayam harus disesuaikan juga dengan usia setiap ayam agar nutrisi yang dibutuhkan tercukupi dan tidak menganggu proses pertumbuhannya.

Faktanya terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan pakan yang hemat dan memiliki asupan gizi dan protein yang banyak. Mulai dari ampas tahu, dedak, menir, hingga umbi-umbian dan sayuran.

Tips Racikan Pakan Ayam Bangkok Paling Hemat Yang Mudah Dibuat Sendiri

1. Pakan Ayam Aduan Usia 0-3 Bulan

Untuk ayam aduan yang baru saja menetas, bobotoh dapat memberikan pakan berupa voer atau konsentrat saja. Kemudian memasuki usia satu bulan atau lebih, pemberian pakan dapat dilakukan dengan kombinasi pakan voer dengan bahan lainnya sebut saja seperti nasi putih.

Pembuatannya juga mudah yakni dengan mencampurkan nasi putih beserta voer dalam satu wadah dan tambahkan air hangat. Biarkan hingga dingin dan pakan mengembang agar dapat diberikan langsung kepada anak ayam. Pemberian pakan seperti ini nyatanya mampu menghemat pengeluaran bobotoh.

2. Pakan Ayam Aduan Lancuran dan Indukan

Selanjutnya adalah pemberian pakan kepada jenis ayam aduan lancuran dan indukan yang dimiliki. Ayam aduan dikatakan lancuran apabila sudah memasuki usia 4 bulan hingga dewasa. Dimana pada umur ini, kebutuhan gizi dan nutrisi ayam sangat perlu diperhatikan agar selalu tercukupi. Dengan tujuan memaksimalkan pertumbuhan hingga tidak mudah terserang penyakit.

Adapun terdapat dua jenis racikan yang dapat dilakukan dalam pemberiannya. Yang pertama adalah racikan yang hampir sama dengan pakan anak ayam, bedanya voer yang digunakan diganti menjadi jagung. Sehingga nantinya bobotoh dapat mencampurkan jagung dengan dedak, gabah dan juga nasi. Sedangkan untuk jenis racikan kedua adalah dengan membuat pakan olahan. Yakni bobotoh dapat memasak beras jagung atau beras putih yang dicampur dengan bahan pelengkap seperti ubi, tepung ikan atau juga sayuran.

3. Pakan Ayam Aduan Dewasa

Ayam aduan yang sudah dewasa yakni sudah memasuki usia 7 bulan ke atas. Untuk jenis pakan yang disarankan antaranya seperti jagung, beras merah, dan gabah. Atau bobotoh juga dapat memberikan pakan lancuran diatas dengan catatan hanya memberikannya setengah porsi saja. Yakni pada pagi hari berikan pakan campuran tersebut kemudian pada sore harinya cukup diberikan beras merah atau gabah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan – Memilih anakan ayam bangk…