Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan
Home Artikel Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan
Artikel - 2 minggu ago

Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan

Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan – Seperti yang kita ketahui banyak sekali jenis-jenis ayam aduan terbaik yang dihasilkan dari kawin silang antar ras ayam. Hasil kawin silang tersebut memang terkadang tidak selalu sesuai dengan kehendak kita. Namun akan sangat mengembirakan dan menguntungkan jika ayam yang kita rancang dapat bertarung dengan baik diarena laga ayam.

Kita ambil contoh ayam aduan dari Vietnam yaitu ayam saigon. Meski disebut dari Vietnam, namun sebenarnya ayam ini bukanlah trah asli Vietnam. Para peternak ayam aduan Vietnam mengawin silangkan ayam Madagascar dengan ayam aduan lokal mereka untuk menghasilkan ayam saigon.

Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan mari kita baca artikel berikut ini.

Tips Tepat Untuk Melakukan Kawin Silang Ayam Aduan

Terdapat beberapa langkah yang harus anda penuhi untuk mendapatkan keturunan ayam aduan yang super. Langkah-langkah ini telah diteliti oleh sabung ayam online sangat efektif dan telah ditepakan oleh para peternak berpengalaman. Berikut langkah langkah yang harus dilakukan dalam melakukan kawin silang ayam aduan agar menghasilkan keturunan yang super.

Pemilihan Induk Ayam Petarung

Dalam Melakukan kawin silang ayam ada hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pemilihan indukan ayam. Karena indukan ayam aduan yang berkualitas akan menurunkan sifat-sifat tersebut untuk anak ayam yang akan lahir nanti. Tentunya bukan hanya pejantan saja yang harus berkualitas, sang betina juga harus memiliki kualitas yang sesuai.

Karena DNA jantan dapat menurun pada anakan ayam baik betina atau jantan, sedangkan betina dapat hanya menurunkan DNA hanya kepada anakan ayam jantan saja. Hal ini sudah terbukti secara biologis yang disebut Gen Rangkai Kelamin (Sex Linkage). Oleh karena itu pemilihan betina haruslah dilakukan secara hati-hati jika ingin membangun seekor ayam petarung yang baik.

Perkawinan Sedarah Sebaiknya Dihindari

Banyak jenis ayam modren yang dikawin silangkan dengan jenis ayam yang lain. Darah campuran tersebut biasanya dikawinkan dengan trah yang masih murni. Contohnya ayam makhoy. Ayam makhoy merupakan hasil kawin silang antar ayam pakhoy dengan ayam pama. Sementara ayam pakhoy sendiri merupakan ayam bangkok dan pama.

Meski anda menemukan pasangan indukan ayam yang menurut anda sudah cukup baik untuk dikawinkan, Namun sebaiknya anda melihat terlebih dahulu apakah pasang tersebut masih satu keturunan atau tidak. Menurut informasi yang diteliti oleh pihak medis, ada beberapa kecacatan keturunan jika dua ekor ayam yang masih satu darah dikawinkan.

Contohnya adalah perkawinan ayam indukan F1 dengan keturunannya F3. Cacatan baik fisik ataupun mental akan muncul dari hasil kawin silang tersebut.

Jika contoh diatas kita ambil maka ayam pama merupakan kakek dari ayam makhoy sehingga menjadi F1. Jika ayam makhoy yang merupakan F3 dikawinsilangkan dengan ayam pama (F1) maka keturunannya kemungkinan besar akan cacat.

Meski demikian, bukan berarti perkawinan sedarah bukan berarti tidak diperbolehkan. Untuk keturunan yang masih belum terlalu jauh masih dapat berhasil. Contohnya ayam pama (F1) yang dikawinkan dengan Pakhoy (F2) masih dapat menjadi ayam makhoy (F3) yang kuat. Namun kita menyarankan untuk tidak mengawinkan jenis ayam yang masih memiliki darah yang sama.

Cara atau Tenik Kawin Silang Yang Paling Efektif

Langkah kedua yang harus anda perhatikan adalah cara melakukan kawin silang ayam aduan. Cara yang umumnya dipakai adalah dengan alami dan bantuan manusia. Kedua cara ini sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara petama yang akan kita bahas adalah alamiah (tanpa bantuan manusia).

Cara kawin silang ayam aduan alamiah dapat anda lakukan dengan menyiapkan sebuah kandang yang dapat menampung 4-5 Ekor ayam. Sebaiknya beri ruang yang cukup pada kandang agar ketika 5 ekor ayam tersebut masuk masih dapat bergerak dengan leluasa. Setelah menyiapkan kandang, Sediakan juga Indukan ayam betina sebanyak 3-4 ekor yang sebaiknya sudah anda pilih berdasarkan informasi kami diatas tadi.

Tempatkan Indukan indukan betina tersebut bersama ayam pejantan yang ingin anda kawin silangkan dalam kandang yang sudah dipersiapkan. Ayam jantan akan secara otomatis mengawini betina ke-4 betina tersebut.

Kelebihan dari cara kawin silang ayam aduan alamiah ini adalah banyaknya jumlah pilihan keturunan ayam yang dihasilkan. Selain itu teknik ini sekaligus meningkatkan agresifitas dan mental ayam aduan. Kekurangan dari cara ini adalah waktu yang dibutuhkan cederung lebih lama dari pada dengan bantuan manusia.

Cara kedua yang akan kita bahas adalah mengenai kawin silang ayam aduan dengan bantuan manusia. Teknik yang satu memang sudah banyak dilakukan oleh para peternak setempat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pegang ayam betina dengan posisi menghadap ke pada anda. Berikan bagian belakang tersebut ke arah ayam aduan berkualitas yang akan anda kawin silangkan. Jika sang pejantan masih dalam usia produktif maka ia akan meloncat naik keatas tubuh betina untuk mengawininya.

Kelebihan dari teknik ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan anak ayam lebih cepat. Sedangkan kekurangan dari teknik ini adalah harus dilakukan setiap hari. Karena meski sudah dikawini namun belum tentu bibit anakan ayam sudah berhasil dibuahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan

Tips Melihat Bibit Anak Ayam Bangkok Ganas Dan Mematikan – Memilih anakan ayam bangk…